NASIONALISME DALAM LIRIK LAGU CHIBIKI NO IWA, HEITAI SAN, DAN KŌJŌ NO TSUKI: PEMAKNAAN MELALUI STRATA NORMA PUISI ROMAN INGARDEN

Authors

  • Vineke Apriliani Putri Universitas Bung Hatta
  • Tienn Immery Universitas Bung Hatta

Keywords:

lirik lagu, isi, makna, nasionalisme, diakronis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna nasionalisme dalam lirik lagu Chibiki no Iwa, Heitai San dan Kōjō no Tsuki. Teori yang digunakan adalah strata norma Roman Ingarden dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis menunjukkan lirik lagu Chibiki no Iwa menggambarkan tentang pengorbanan laki-laki terhadap negara dengan makna nasionalisme kokka shugi dan kokumin shugi. Lirik lagu Heitai San menceritakan tentang kekaguman terhadap tentara dengan makna nasionalisme kokka shugi. Lirik lagu Kōjō no Tsuki menggambarkan tentang perubahan dan kefanaan dalam kehidupan dengan makna nasionalisme minzoku shugi. Berdasarkan isi yang dilihat dari setiap lirik lagu, jika diurutkan secara diakronis maka urutan lirik lagu adalah Kōjō no Tsuki, Chibiki no Iwa, Heitai San. Sejalan dengan urutan diakronis berdasarkan isi lirik lagu, disimpulkan bahwa makna nasionalisme Jepang berakar dari budaya, tradisi, dan sejarah (minzoku shugi), warga negara berkewajiban menjaga dan membela negara (kokumin shugi), dan menjadikan negara di atas segalanya (kokka shugi).

References

M. Esten, Kesusasteraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa, 2013.

R. D. Pradopo, Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,

R. Wellek and A. Warren, Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Hermintoyo, Kode Bahasa dan Sastra Kalimat Metaforis Lirik Lagu Populer. Semarang: Gigih Pustaka Mandiri, 2017.

B. J. Mcveigh, Nationalisms of Japan: Managing and Mystifying Identity. Oxford: Rowman & Littlefriend Publishers, 2006.

Svirchev. L, “The Curious Story of ‘Kojo no Tsuki’ -or- Thelonious Monk & ‘Japanese Folk Song,’” Misterioso, 2012.

https://misterioso.org/?P=1200.

Jiang. Y, “The Transmutation of the Manyoshu in Military Songs During 20th Centuryand Its Reasons—With ‘Chibiki no Iwa’ and ‘Umi Yukaba’ for Example,” Int. J. Soc. Sci. Educ. Res., vol. 5, no. 5, pp. 467–471, 2022.

J-cast, “保坂正の「不可視の視点」明治維新150年でふり返る近代日本 (Hosaka Masa no `Fukashi no Shiten’ Meijiishin 150-nen de Furi Kaeru Kindainihon), j-cast.com,2020.Https://www.jcast.com/2020/10/24397328.Html?P=al.

Chibiki no Iwa, “千引の岩陸・海軍礼式歌 (Chibiki no Iwa Riku Kaigun Reishiki Uta), gunka01.blog.shinobi.jp, 2007.

Http://Gunka01.blog.Shinobi.Jp/.

Downloads

Published

2023-09-02