REPRESENTASI BUDAYA JEPANG DALAM FILM NIHONJIN NO SHIRANAI NIHONGO (STUDI SEMIOTIKA)

Authors

  • Milenia Sevtiani Universitas Bung Hatta
  • Dewi Kania Izmayanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Nihonjin No Shiranai Nihonggo, Film, Makna Denotasi, Makna Konotasi, Makna Mitos.

Abstract

Film merupakan salah satu media untuk memperkenalkan budaya pada dunia luar. Jepang berhasil menyentuh kancah dunia melalui media film.salah Film Nihonjin No Shiranai Nihonggo merupakan salah satu film yang banyak mengusung tema budaya Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan budaya Jepang yang tergambar dalam film Nihonjin No Shiranai Nihonggo. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan metode simak catat. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya delapan budaya jepang yaitu penggunaan Furoshiki, permainan Hanafuda, Kendou, Shouryouuma, Kanji,natto, Tata Cara Minum The dan Ramalan Omikuji. Kesimpulannya adalah dalam budaya yang tergambar dalam film tersebut, bisa diketahui dan dipahami makna denotasi, konotasi dan mitos

References

O. U. Effendy, Dimensi-dimensi komunikasi. Bandung : Alumni, 1986.

J. Fiske, Cultural and communication studies: sebuah pengantar paling komprehensif. Yogyakarta : Jalasutra, 2018, 2018.

S. Sumarto, “Budaya, Pemahaman dan Penerapannya,” J. Literasiologi, vol. 1, no. 2, p. 16, 2019, doi: 10.47783/literasiologi.v1i2.49.

A. Sobur, Semiotika Komunikasi, Kelima. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Skripsi

Alfi Rahmatsyah. 2016. “Penyimpangan Penggunaan Bahasa Keigo dalam Serial Drama Jepang Nihonjin No Shiranai Nihongo Kajian : Struktur”. Universitas Bung Hatta.

Dewi Karunia Widiyaningrum. 2019. “ Implikatur Percakapan pada Respon Verbal Tokoh Haruko dalam Drama Nihonjin no Shiranai Nihongo Karya Yoshihiro Izumi”. Universitas Dian Nuswantoro.

Devina Innasita Kusumaningrum. 2019. Referensi Persona dalam Serial Drama “Nihonjin No Shiranai Nihongo”. Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2024-03-22