INTERJEKSI PERASAAN TERKEJUT KANDOUSHI ODOROKI DALAM ANIME HORIMIYA

Authors

  • Salsabila Haura Aramora Universitas Bung Hatta
  • Diana Kartika Universitas Bung Hatta

Keywords:

kandoushi odoroki, interjeksi, pragmatik.

Abstract

Kandoushi adalah salah satu kelas kata yang termasuk jiritsugo (kata yang dapat berdiri sendiri dan memiliki makna). Odoroki adalah jenis kandoushi yang digunakan untuk mengungkapkan keterkejutan terhadap suatu konteks situasi kepada lawan bicara. Kajian pada penelitian ini mengenai penggunaan kandoushi odoroki dalam Anime Horimiya dengan tinjauan pragmatik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Efek keterkejutan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterkejutan dikemukakan Nita Kotoba Tsukaiwake Jiten (1991), dan dianalisis menggunakan teori efek keterkejutan setiap ungkapan kandoushi odoroki yang dilihat dalam segi konteks. mengelompokkan ungkapan kandoushi odoroki kepada 5 efek keterkejutan sesuai konteks situasi keterkejutan meliputi : odoroku, bikkuri suru, tamageru, kyougaku suru, dan kyoutan suru.

References

D. Kartika. “Analisis Konstratif Kata Sifat (Keiyoushi) Bahasa Jepang dan Bahasa Indonesia ditinjau secara Gramatikal serta Pengajarannya.” 2017.

Djomi, A. R. “Analisis Kandoushi (kata seru) dalam Bahasa Jepang yang Menyatakan Kandou pada komik Boku Dakega Inai Machi Volume 1-6.” 2017.

Nurlio, Maryusda. “Analisis Penggunaan Kandoushi Doui dalam Anime Burakku Kotoba Karya Yuki Tabata Tinjauan Pragmatik” Universitas Andalas. 2022.

Sulistiara, Inna Awalya. “Interjeksi Tokoh Laki-Laki dalam Manga Gin No Saji.” Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro. 2017.

Yohana, Diarmawati. “Analisis Penggunaan Kandoushi pada Komik Asari-chan. Analisis Penggunaan Kandoushi pada Komik Asari-chan vol 24. Skipsi Sastra Jepang Universitas Sumatera Utara. 2014.

Situmorang, Hamzon. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Medan: USU Pres. 2015

Downloads

Published

2024-03-22