ANALISIS WACANA PERSUASIF PADA IKLAN PINJAMAN ONLINE

Authors

  • Dessy Marsinta Universitas Bung Hatta
  • Eriza Nelfi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Wacana persuasif, teknik, pinjaman online

Abstract

Wacana persuasif adalah wacana yang bertujuan untuk memengaruhi keyakinan pembaca tentang sesuatu yang ingin dipengaruhi oleh si penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik-teknik persuasif pada iklan pinjaman online. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Selanjutnya, untuk menganalisis data digunakan metode agih dengan teknik baca markah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Keraf. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat enam teknik persuasif yang digunakan, yaitu (1) teknik rasionalisasi, (2) teknik identifikasi, (3) teknik sugesti, (4) teknik kompensasi, (5) teknik penggantian, (6) dan teknik proyeksi.

References

] Darma, Yoce Aliyah. 2014. Analisis Wacana Kritis. Bandung: PT Refika Aditama.

Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing dkk. 2019. “Dampak Penggunaan Pinjaman Online Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta. Proceeding SINTA 2019 (pp. 500-5007).

Jurnal

Noermanzah. 2017. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian”. Ejurnal. Universitas Bengkulu.

Sihombing dkk. 2019. “Dampak Penggunaan Pinjaman Online Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswa Yogyakarta. Ejurnal. Proceeding SINTA 2019 (pp. 500-5007).

Buku

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Rohana dan Syamsuddin. 2015. Analisis Wacana. Makassar: CV. Samudra Alif-Mim.

Skripsi

Asmah, Debby Cyntia. 2022. “Analisis Perkembangan Pinjaman Online dan Pendapat Gen Z di Indonesia ada Era Revolusi Industri 4.0”. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Gusti. 2022. “Ragam Bahasa Indonesia”. Skripsi. Jawa Tengah: Stikes Ibnu Sina Ajibarang.

Parina. 2015. “Analisis Teknik Pengembangan Wacana Iklan Persuasi berbahasa Minangkabau di Radio Damai FM Kota Pariaman Sumatera Barat. Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Sari, Yuli. 2021. “Analisis Wacana Persuasif Iklan Produk Kecantikan Pada Media Online Tribun Sumsel Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Thesis. Palembang: Universitas Tridinanti.

Downloads

Published

2024-09-14