ANALISIS FRASA VERBAL SUBORDINATIF PADA KOLOM KOMENTAR YOUTUBE PODCAST/ MEDIA ONLINE

Authors

  • Tata Muthia Anggraini Universitas Bung Hatta
  • Eriza Nelfi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Frasa Verbal Subordinatif, bentuk dan makna, Podcast

Abstract

Frasa verbal subordinatif adalah suatu frasa yang mempunyai inti kata kerja dalam mengisi atau menduduki fungsi predikat pada sebuah klausa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan makna frasa verbal subordinatif pada kolom komentar youtube podcast/ media online. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Untuk pengumpulan data digunakan metode simak dengan teknik catat. Selanjutnya, untuk menganalisis data digunakan metode agih dengan teknik lesap dan baca markah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Chaer. Hasil penelitian yang ditemukan ada empat macam, yaitu (1) FVS berstruktur Adv + V ditemukan sembilan makna gramatikal, yaitu (a) ingkar,(b) frekuensi, (c) kuantitas, (d) waktu, (e) keinginan (f) keselesaian (g) keharusan (h) kepastian (i) pembatasan. (2) FVS berstruktur V + Adv ditemukan dua makna, yaitu berulang dan ikut serta. (3) FVS berstruktur V + N ditemukan makna alat. (4) FVS berstruktur V + A ditemukan makna keadaan atau sifat.

References

Chaer, Abdul. 2015. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta

Abidin, Yunus. 2019. Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta Timur. PT Bumi Aksara.

Imarshan, Idham. 2021. “Jurnal Popularitas Podcast sebagai Pilihan Sumber Informasi bagi Masyarakat Sejak Pandemi Covid 19”. Jurnal. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Oktavianti, dkk. 2022. “Jurnal penggunaan frasa verbal pada surat kabar Suara Merdeka yang berjudul “Kurikulum Ruth Pembelajaran Tingkat Paling Dasar hingga Bangku Kuliah”. Jurnal. Jawa Tengah: Politeknik Pratama.

Jurnal

Chaerunisyah, Siti dkk. 2023. “Analisis disfemisme dalam kolom komentar yotube pada akun ‘narasi newsroom’ 2022”. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Kusmiarti, Reni dkk. 2022. “Pola penyusunan frasa verbal dalam novel siapa sahabat yang kau pilih karya Satria Nova”. Jurnal. Padang: Universitas Muhammadiyah Sumatera barat.

Ulfah, Anis dkk. 2019. “Jurnal frasa verba koordinatif dan verba subordinatif”. Jurnal. Nusa Tenggara Timur: Universitas Timur.

Buku

Sudaryanto. 2015. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta. Sanata Dharma University Press.

Downloads

Published

2024-09-14