ANALISIS UJARAN KEBENCIAN DALAM KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM

Authors

  • Andini Safira Universitas Bung Hatta
  • Iman Laili Universitas Bung Hatta

Keywords:

Ujaran Kebencian, bentuk dan makna, Instagram

Abstract

Ujaran kebencian adalah ujaran berupa kalimat atau bagian kalimat yang berisi perasaan benci atau mengandung sifat-sifat benci. Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan makna ujaran kebencian dalam kolom komentar Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan teknik catat. Selanjutnya, menganalisis data digunakan metode agih dan metode padan dengan teknik baca markah dan teknik pilah unsur penentu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kuntarto. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat tujuh bentuk, yaitu (1) penghinaan, (2) pencemaran nama baik, (3) penistaan, (4) perbuatan tidak menyenangkan, (5) memprovokasi, (6) menghasut, (7) penyebaran berita bohong.

References

Febriyani, Meri. 2018. Analisis Faktor Penyebab Pelaku Melakukan Ujaran Kebencian (Hate Speech) Dalam Media Sosial. Lampung: Universitas Lampung.

Kuntarto, Niknik M. 2021. Selisik Linguistik Forensik Penanganan Konflik Komunikasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sitorus, Adek Zico. 2017. Fenomena Haters sebagai Dampak Negatif Perkembangan Media Sosial di Indonesia. Tanggerang: Universitas Pelita Harapan.

Permatasari, Devita Indah. 2019. Tindak Tutur Ilokusi Ujaran Kebencian Facebook. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Jurnal

Mahkamah Agung RI. 2018. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Website. Jakarta: Mahkamah Agung.

Buku

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Pusat Bahasa.

Sholihatin, Endang. 2019. Linguistik Forensik dan Kejahatan Berbahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryanto. 2015. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Skripsi

Wulandari S. 2022. Ujaran Kebencian dalam Saluran Youtube: Rocky Gerung Official Terhadap Presiden Joko Widodo: Kajian Pragmatik. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2024-09-14