STRATEGI COPING MAHASISWA INTERNSHIP SUMATERA BARAT DI JEPANG TERHADAP BUDAYA KERJA 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE)

Authors

  • Fidiah Elfi Yosi Universitas Bung Hatta
  • Oslan Amril Universitas Bung Hatta

Keywords:

Strategi Coping, Budaya Kerja 5S, Kendala, Solusi

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana mahasiswa internship di Jepang beradaptasi dengan budaya kerja 5S. Fokus pada penelitian ini pada kendala, solusi, dan strategi coping yang diterapkan mahasiswa internship untuk menerapkan budaya kerja 5S. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melibatkan 34 responden. Temuan pada penelitian ini adalah kendala utama berupa perbedaan budaya, tekanan atasan, dan bahasa. Mahasiswa menggunakan strategi coping yang berfokus pada emosi (emotion-focused forms of coping) dan penyelesaian masalah (problem-focused forms of coping), dengan seluruh peserta menunjukkan penggunaan dua strategi coping positif untuk mengatasi tantangan adaptasi terhadap budaya kerja 5S.

References

N. A. Anderson, K. J. Andynna, and K. D. H. Saraswati, “Mempersiapkan Mahasiswa Untuk Magang Di Perusahaan Dengan Buku Panduan Meningkatkan Person-Environment Fit,” J. Serina Abdimas, vol. 1, no. 2, pp. 680–687, 2023, doi: 10.24912/jsa.v1i2.25184.

D. D. Lutfia and D. R. Rahadi, “Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 8, no. 3, pp. 199–204, 2020, doi: 10.37641/jimkes.v8i3.340.

A. A. Pangestu and A. A. P. Negara, “Implementasi Metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Pada Unit Reaching Di PT. XYZ Tekstil Majalengka,” Ind. Res. Work. Natl. Semin., pp. 490–494, 2019.

N. P. Soemantri, “Adaptasi Budaya Mahasiswa Asal Indonesia Di Australia,” WACANA, J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 18, no. 1, pp. 46–56, 2019, doi: 10.32509/wacana.v18i1.727.

S. Maryam, “Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya,” JURKAM J. Konseling Andi Matappa, vol. 1, no. 2, p. 101, 2017, doi: 10.31100/jurkam.v1i2.12.

U. Wirahadi, A. Zaini, and Suriyadi, “Strategi Coping oleh Mahasiswa dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Online (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2018-2020 Program Studi BK STIKP PGRI Sumatera Barat),” (Journal Res. Educ. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 58–64, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.

A. Alfansyur and Mariyani, “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial,” vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2020.

D. Susanto, Risnita, and M. S. Jailani, “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah,” J. QOSIM J. Pendidikan, Sos. Hum., vol. 1, no. 1, pp. 53–61, 2023, doi: 10.61104/jq.v1i1.60.

R. S. Lazarus and S. Folkman, Stress, Appraisal, and Coping, no. september 2016. New York: Springer Publisihing Company, Inc, 1984.

Downloads

Published

2024-09-14