EKRANISASI BOKU DAKE GA INAI MACHI: FAKTA CERITA DARI MANGA KE FILM
Keywords:
Manga, film, fakta cerita, ekranisasi, Manga, film, story facts, ecranisationAbstract
Penulis menemukan ada perbedaan antara film Boku Dake ga Inai Machi dengan versi manga. Kebebasan interpretasi yang diberikan oleh mangaka kepada tim produksi film menimbulkan sejumlah perbedaan, terutama pada akhir cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan ekranisasi dari manga ke film. Teori fiksi oleh Stanton digunakan untuk menganalisis fakta cerita (alur, karakter, dan latar) dan teori ekranisasi oleh Bluestone untuk menganalisis bentuk penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode analisis isi terhadap manga dan film sebagai objek material penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ekranisasi yang terjadi pada fakta cerita. (1) Pada alur, ditemukan penciutan enam peristiwa pada tahap tengah; penambahan satu peristiwa pada tahap tengah; serta perubahan bervariasi enam peristiwa pada tahap tengah dan tiga peristiwa pada tahap akhir. (2) Pada karakter terjadi penciutan tujuh karakter dan perubahan bervariasi pada dua karakter. (3) Pada latar tempat terjadi lima penciutan, satu penambahan, dan satu perubahan bervariasi; Latar waktu ada dua perubahan bervariasi; Latar atmosfer satu perubahan bervariasi. Simpulan penelitian ini, ekranisasi fakta cerita dari manga ke film dilakukan untuk menyesuaikan alur, karakter, dan latar dengan kebutuhan naratif serta keterbatasan medium film. Ekranisasi pada alur paling dominan dengan perubahan bervariasi yang memengaruhi akhir cerita dalam film dengan terbunuhnya karakter Satoru.
There are some differences founded between manga Boku Dake ga Inai Machi and the film version. Independent interpretation of the filmmaker given by mangaka occurred the differenced, especially on ending story. This research aims to explain ecranisation manga into film. Stanton’s theory of fiction used to analysed facts of story (plot, characters, and setting) then Bluestone’s ecranisation theory used to analysed subtractions, additions, and variations. This descriptive qualitative research uses the content analysis method of manga and film as material objects. The result revealed ecranisation in facts of the story. (1) Plot has 6 subtractions and 1 addition in the middle stage; 6 variations in the middle stage; 3 variations in the middle stage and 3 variations in the final stage. (2) Characters has 7 subtractions and 2 variations. (3) Setting, place of setting has 5 subtractions, 1 addition and 1 variation; time of setting has 2 variations; emotional tone/ atmosphere has 1 variation. The conclusion of this study is ecranisation in facts of story from manga to film was done to adjust the plot, characters, and setting to the needs of narrative and the limitation of the film as medium. The most dominant in ecranisation was variations of the plot that affected to the ending story, Satoru killed in film.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.