ANALISIS AFIKSASI DALAM KOLOM KOMENTAR YOUTUBE RAYMOND CHIN
Keywords:
Afiksasi, kolom komentar, Youtube Raymond Chin, Affixation, comment section, Raymond Chin YouTubeAbstract
Pada penelitian ini dianalisis afiksasi dalam kolom komentar Youtube Raymond Chin. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk afiksasi dalam kolom komentar Youtube Raymond Chin. Teori yang digunakan adalah teori Putrayasa. Untuk mengumpulkan data, metode yang digunakan adalah metode simak dengan menerapkan teknik catat. Sementara itu, untuk menganalisis data digunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung (BUL). Dari penelitian yang dilakukan, afiksasi yang ditemukan dalam kolom komentar Youtube Raymond Chin ada empat, yaitu 1) prefiks (meN-, peN-, ber-, ter-, di-), 2) sufiks (-an, -kan, -i), 3) imbuhan gabungan (me-kan, di-kan, dan memper-kan), 4) konfiks (ke-an, pen-an, dan per-an).
This study analyzes affixation in Raymond Chin YouTube comment section. The research problem is formulated as to how affixation occurs in Raymond Chin Youtube comment section. The author uses Putrayasa’s theory. The data collection method used was the listening method, employing note-taking techniques. Meanwhile, the data analysis method used was the distribution method for direct element (BUL). The research revealed four types of affixation found in Raymond Chin YouTube comment section: 1) prefixation (meN-, peN-, ber-, ter- di-), 2) suffixation (-an, -kan, -i), 3) compound affixation (me-kan, di-kan, and memper-kan), and 4) konfiks (ke-an, pen-an, and per-an).
References
Arifin, Junaiyah.2007. Morfologi Bentuk, Makna dan Fungsi. Jakarta. PT Grasindo. Pohan, Jusfrin efendi. 2019. Morfologi Bahasa Indonesia. Yogyakarta.
Putrayasa, Ida Bagus. 2017. Kajian Morfologi. Bandung. PT Refika Aditama. Sudaryanto. 2015. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta. Sanata
Dharma University Press.
Wijana, dewa dkk. 2021. Berkenalan Dengan Linguistik. Yogyakarta. TS PUBLISHER
Yasin, Sulchan.1987.Seputar Morfologi. Surabaya. Usaha Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.