PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII E PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAANMELALUI MODEL TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT)DI SMPN 2 GUNUNG TALANG.

Penulis

  • Von Enggravita
  • Pebriyenni .
  • Nurharmi .

Abstrak

Penelitian ini didasari kurangnya aktivitas siswa dalam mata pelajaran PKn pada kelas VII E di SMPN 2 Gunung Talang, terlihat aktivitas menjawab pertanyaan, berdiskusi dan presentasi.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siwa. Perumusan masalah bagaimana mana meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas VII E mata pelajaran PKn. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitianadalah siswa kelas VII E yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa,aktivitas guru, catatan lapangan. Berdasarkan analisis penelitian yang dilakukanmenunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa berdiskusi pada siklus I 56,66%, presentasi 51,83 dan menjawab pertanyaan 54,99%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa berdiskusi 83,33%, presentasi 76,67%, menjawab pertanyaan 81,67%. Selanjutnya persentase aktivitas kegiatan guru pada sikus I 82,50%, pada siklus II 92,50%. Kesimpulan model TGTdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII E di SMPN 2 Gunung Talang.

Kata kunci : Aktivitas Belajar, Model TGT

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-03