PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMAN 1 BATIPUH KABUPATEN TANAH DATAR

Penulis

  • Syamsul Bahri
  • Hasnul Fikri
  • Elvina A. Saibi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnyaketerlibatan siswadalam proses pembelajaran karena strategi pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual (CTL) terhadap kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan ciri-ciri karangan narasi. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukan M. Atar Semi tentang ciri-ciri karangan narasi dan Dharma Kesuma, dkk. tentang pandekatanCTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen.Berdasarkan hasil perhitungan rumus t-tes terhadapĀ  hipotesis Idiperolehthitung = 25,98,pada taraf signifikansi 5% danttabel = 2,86, maka 25,98> 2,86. Berdasarkan hasil perhitungan rumus t-tes terhadaphipotesis II diperolehthitung6,55, padataraf signifikansi 5% dan ttabel = 2,71, maka 6,55> 2,71. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menulis karangan narasi siswa sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan CTL. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan CTLdengan yangdiajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pendekatan CTL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMAN 1 Batipuh kabupaten Tanah Datar.

Kata Kunci: Pengaruh Pendekatan Kontekstual.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05