PENIGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII B PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SMPN 3 PANTAI CERMIN

Penulis

  • Yulhasnah .
  • Pebriyenni .
  • Muslim .

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa pada  pembelajaran PKn yang ditandai dengan rendahnya aktivitas siswa dalam bertanya menjawab dan berdiskusi. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana peningkatan aktivitas siswa kelas VIII B pada pembelajaran PKn di SMPN 3 Pantai Cermin. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa bertanya, menjawab pertanyaan, berdiskusi pada  pembelajaran PKn dengan menggunakan  metode (TGT). Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket, tes hasil belajar dan catatan lapangan. Jenis penelitian ini adalah PTK. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas bertanya siswa meningkat dari 22,57% pada siklus I menjadi 70,69% pada siklus II. Aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan, siklus I 32,25%,  siklus II meningkat menjadi 72,57%. Aktivitas siswa dalam berdiskusi siklus I sebesar 32,25%, kemudian siklus II meningkat menjadi 80,64%. Dengan demikian rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 29,02%, kemudian  siklus II  meningkat menjadi 74,63%. Peningkatan aktivitas  juga ditunjukan oleh hasil tes siswa  yang memperoleh nilai yang tinggi.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran Model TGT

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05