PENINGKATAN HASIL BEL;AJAR SISWA KELAS IX B PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEBAT DI SMPN 3 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

Penulis

  • Zulbardiati .
  • Yusrizal .
  • Nurharmi .
  • Febriyeni .

Abstrak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa diantaranya: (1) pelajaran yang disampaikan guru menjadi kurang menarik perhatian siswa, (2) masih kurangnya kreatifitas siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan metode debat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX B SMPN 3 Gunung Talang, kegiatan guru dan kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa dengan menggunakan Pembelajaran Debat. Hipotesis tindakan adalah terjadinya peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewaragnegaraan siswa kelas IX B SMPN 3 Gunung Talang dengan penerapan (auto research). Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, jumlah peresentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar: 42,86% dan rata-rata nilai siswa 66,86% meningkat pada siklus II. Pada siklus II menjadi 71,43% dengan nilai rata-rata siswa 79,29%. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran PKn siswa dengan menggunakan metode debat bagi siswa kelas IX B SMPN 3 Gunung Talang lebih baik jika dibandingkan metode pembelajaran konvensional lainnya.

Kata kunci: Hasil belajar, Metode Debat

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05