PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII 3 PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINKS PAIR SHARE (TPS) DI SMPN 2 LEMBANG JAYA KABUPATEN SOLOK

Penulis

  • Syafrinawati .
  • Pebriyenni .
  • Muslim .

Abstrak

Penelitian didasari kurangnya aktivitas belajar siswa dalam  pembelajaran PKn di  kelas VII 3 di SMPN 2 Lembang Jaya, terlihat kurangnya aktivitas bertanya, menjawab dan merangkum hasil diskusi. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan kemampuan bertanya, menjawab dan merangkum hasil diskusi siswa meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana peningkatan aktivitas siswa dalam bertanya, menjawab dan merangkum hasil diskusi siswa kelas VII 3 pada pembelajaran PKn di SMPN 2 Lembang Jaya. Penelitian ini  PTK.Subjek penelitian  kelas VII 3 SMPN 2 Lembang Jaya  berjumlah 19 orang.Instrumen penelitian  lembar observasi aktivitas siswa, Lembar observasi aktivitas guru, catatan lapangan. Penelitian menunjukan rata-rata persentase aktivitas siswa bertanya siklus I 57,91%, menjawab 57,91% dan merangkum hasil diskusi 63,18%, siklus II bertanya 76,31%, menjawab 76,31% dan merangkum hasil diskusi 76,32%. Kesimpulan, dengan menggunakan model Thinks Pair Share  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII 3 di SMPN 2 Lembang Jaya. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan model Thinks Pair Share dalam pembelajaran

Kata Kuci: Aktivitas Belajar, Pembejalaran PKn, Thinks Pair Share, PTK

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-04-05