PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MURDER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 5 LINTAU

Penulis

  • Risa Multisari
  • Zulfa Amrina
  • Rita Desfitri

Abstrak

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 5 Lintau disebabkan
kurangnya minat siswa mengikuti pelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan minat siswa
adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik MURDER. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui bagaimana minat siswa dan apakah hasil belajar matematika siswa
meningkat selama menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik MURDER pada siswa
yang bersangkutan.
Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMPN 5 Lintau pada tahun ajaran 2012/2013, dan sampel terdiri dari dua kelas yang
dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes hasil belajar.
Berdasarkan analisis diperoleh gambaran bahwa minat belajar matematika siswa kelas
VII SMPN 5 Lintau pada tahun pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan Model Pembelajaran
Kooperatif Teknik MURDER ini sangat kuat. Sedangkan data hasil belajar matematika siswa
kedua kelas sampel berdistribusi normal dan variansinya homogen. Untuk pengujian hipotesis
digunakan rumus t-tes dengan tingkat kepercayaan 95% ( = 0,05), dengan thitung = 2,769 dan
ttable = 1,675 karena thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan uraian di atas disimpulkan hasil belajar matematika siswa setelah
menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik MURDER lebih baik daripada
menggunakan pembelajaran Biasa pada siswa kelas VII SMPN 5 Lintau pada tahun pelajaran
2012/2013.
Kata Kunci: Minat, Hasil, Kooperatif, MURDER

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-08