PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBENTUK BUKU SAKU DILENGKAPI PETA KONSEP PADA MATERI PLANTAE SISWA KELAS X SMA KARTIKA 1-5 PADANG

Penulis

  • Nisi Elpina Universitas Bung Hatta
  • Lisa Deswati Universitas Bung Hatta
  • Rona Taula Sari Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

media, pembelajaran, peta konsep

Abstrak

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar [3]. Buku saku adalah suatu buku yang berukuran kecil yang berisi informasi yang dapat disimpan di saku sehingga mudah dibawa dan mudah untuk dibaca [4]. Peta konsep (concept map) merupakan diagram yang menunjukkan saling keterkaitan antar konsep, sebagai reperentasi dari makna(meaning) [5]. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) R&D yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kefektifan produk tersebut. Pengembangan media pembelajaran berbentuk buku saku dilakukan di kelas X IPA SMA Kartika 1-5 Padang semester genap tahun ajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian yang telah dikemukakan maka dapat disimpulkan Media pembelajaran biologi berbentuk buku saku dilengkapi peta konsep pada materi plantae siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 PADANG yang dihasilkan sangat valid dengan tingkat kevalidan sebesar 3,67 oleh validator dan praktis oleh guru 83,75% serta oleh siswa 86% dengan kriteria praktis.

Referensi

Gusmaweti, G. Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Bung Hatta. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 11, No. 1, pp. 789-794).

Sari, R. T., Angreni, S., & Fortuna, R. A. Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas V Sd. Bio-Pedagogi, 8(2), 89-93.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran, edisi revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13.

Lufri. (2010). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27