KEBIASAAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SERTA KONTRIBUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PARIAMAN

KEBIASAAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SERTA KONTRIBUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PARIAMAN

Penulis

  • Rezi Andreyeni
  • Erman Har
  • Rona Taula Sari

Kata Kunci:

Kebiasaan Belajar, Gaya belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 3 Pariaman, membandingkan kebiasaan belajar dan gaya belajar berdasarkan jenis kelamin siswa, serta melihat sumbangan atau kontribusi kebiasaan belajar dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 3 Pariaman. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara random, sebanyak 100 orang siswa sebagai sampel penelitian yang berasal dari empat kelas dengan jumlah sampel ditentukan secara “Proporsional Sampling”. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel kebiasaan belajar dan gaya belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 3 Pariaman. Hal ini dibuktikan dengan F_hitung > F_tabel, yaitu 3.140 > 3.09 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 6.1%. Uji-t terhadap kebiasaan belajar antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sedangkan gaya belajar antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki terdapat perbedaan yang signifikan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 3 Pariaman dan memiliki hubungan yang kuat terhadap hasil belajar biologi siswa, sedangkan kebiasaan belajar antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki tidak terdapat perbedaan yang signifikan dan gaya belajar antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki terdapat perbedaan yang signifikan. Saran dari penulis adalah kepada siswa/i sebaiknya lebih meningkatkan kebiasaan belajar dan gaya belajar agar hasil belajarnya juga meningkat.

Referensi

Deporter, B dan Hernacky, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Diterjemahkan oleh: Abdurrahman. 2004. Bandung: Kaifa.

Ghufron. M. Nur dan Rini Risnawita.(2012). Gaya Belajar Teoretik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Har, Erman 2012. Sikap Terhadap pengetahuan Sains dan Kesadaran Terhadap Lingkungan serta motivasi Akademik Pelajar di Sumatera Barat. Jurnal Iptek Terapan. 6(2). Juni 2012. ISSN : 1979-9292.

Rona, T. S. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, Vol 6 (1): 22–26

Siagian, Roida Eva Flora. (2013). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2), 122- 131.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27