PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MAJALAH (BIOMAGZ) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII IPA SMA NEGERI 10 MERANGIN PROVINSI JAMBI

Penulis

  • Naimah Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Lisa Deswati Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

media pembelajara, majalah biologi (Biomagz), sistem peredaran darah

Abstrak

Pendidikan mempunyai peranan dalam perkembangan suatu bangsa. Pendidikan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Guru mempunyai peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaranberbasismajalah (Biomagz) dalam pembelajaran biologi yang valid dan praktis pada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah Research And Development (R&D) dengan menggunakan 3 tahap dari model pengembangan 4-D-yaitu terdiri dari Define, Desain dan Develop. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Merangin Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Populasidaripenelitianiniadalah 1 orang guru dan 21 orang siswakelas XI IPA yang terdaftar pada semester genap 2019/2020, berdasarkanpopulasi yang adamakadiambil 1 populasi yang terdiridari 1 orang guru dan 21 orang siswakelas XI IPA. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validitas dan praktikalitas. Validator terdiridari 3 (tiga) orang dosen, sedangkanpraktikalitasterdiridari 1 (satu) orang guru dan 21 siswa SMAN 10 Merangin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan media pembelajaran berbasis majalah biologi (Biomagz) pada materi sistem peredaran darah pada manusia untuk kelas XI IPA SMA Negeri 10 Merangin Provinsi Jambi yang sangat valid (91%) dan sangat praktis(95,83%) oleh guru dan praktis oleh siswa (89,62%).

Referensi

E Har, RT Sari, G Gusmaweti, W Hendri, a Azrita, L Deswati, N Muhar. Peningkatan Kompetensi Guru IPA Biologi Sekolah Menengah Pertama Melalui Pelatihan dan Pembekalan Materi Di Laboratorium Kabupaten Pesisir Selatan. JCES (Journal of Character Education Society. 1 (1), 94-99, 2018

G Gusmaweti, 2011, Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Metode Discovery Di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 16 Padang, Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Padang

Kurniawati, E. 2015.Pengembangan Majalah Biomart Invertebrata Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA.(Skripsi).Semarang : Universitas Negeri Malang

Riduwan. 2016. Pengantar Statiistik Sosial . Bandung: Alfabeta

Yuliyanto, E. dan Rohaeti, E. 2013.Pengembangan Majalah Kimia Untuk meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik Kelas X SMA N 1 MLATI.Jurnal Pendidikan Sains Universitas Negeri

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27