PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP SIKAP GURU DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIBERUT TENGAH

Penulis

  • Kamilus Ottoi Universitas Bung Hatta
  • Erman Har Universitas Bung Hatta
  • Rona Taula Sari Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

sikap, pemanfaatan media pembelajaran

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar sangat ditentukan oleh kerja sama antara guru dan siswa. Dalam pembelajaran IPA guru dituntut untuk mampu menyajikan materi dengan profesional sehingga diperlukan kreativitas dan gagasan yang baru untuk mengembangkan cara penyajian materi pelajaran di sekolah. Untuk menyampaikan materi atau pesan dengan gagasan pada orang lain tidak cukup diungkapkan dengan kata-kata saja, karena tidak semua pesan diwakili kata-kata, untuk itu diperlukan kreativitas dan profesional guru untuk menggunakan perantara sebagai pelengkap yaitu media pembelajaran [1] . Hal ini akan berdampak pada sikap guru di kelas, baik itu sikap pedagogik, profesional, personal, maupun sosial terhadap peserta didik. Berdasarkan observasi penulis dengan siswa dan guru IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Siberut Tengah, penulis mendapatkan informasi bahwa sikap guru khususnya pada aspek pedagogik pada dasarnya sudah cukup baik (positif), seperti penguasaan materi, penyampaian materi serta pelaksanaan pembelajaran. Namun belum semua aspek yang diterapkan oleh guru IPA disaat proses pembelajaran, seperti pada aspek sosial, profesional dan personal. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keefektifan dan hasil belajar siswa, dalam proses pembelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 2 Siberut Tengah. Persepsi siswa tentang sikap dan kompetensi kepribadian guru berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa [2]. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Siberut Tengah yang berjumlah 93 orang. Hasil penelitian yang didapat pada persepsi siswa dalam pembelajaran IPA terhadap sikap guru di kelas VIII SMP Negeri Siberut Tengah dengan rentang rata-rata 4,13 dengan kategori baik. Dan tidak ada perbedaan persepsi siswa laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran IPA terhadap sikap guru. Guru SMP Negeri 2 Siberut Tengah sudah menerapkan keempat aspek sikap guru dalam proses pembelajaran IPA mulai dari penyajian materi, penguasaan materi, komunikasi terhadap peserta didik serta pemanfaatan media pembelajaran.

Referensi

Har, E . 2014. Penggunaan Media Model Pembelajaran IPA. Jurnal Proceeding Biology Education Conference. 11(1). 1148-1151.

Hamdani, Aam. 2018. Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi belajar Siswa SMK. Jurnal Of Mechanichal Engineering. 5 (2). 1-9.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rinike Cipta

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Har, E dan Azrita. 2015. Perepsi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Biologi dan Hubungan Dengan Hasil belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. E- Jurnal Universitas Bung Hatta. (Kumpulan Artikel). 4(5). 1- 9.

Priyono, Tri. 2009. Persepsi Siswa Mengenai Profesi Guru Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Pekerjaan Orang Tua. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27