Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi

Penulis

  • Era Fazira
  • Wince Hendri
  • Gusmaweti

Kata Kunci:

MODEL PEMBELAJARANHASIL BELAJAR

Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Melalui pendidikan terjadi proses aktivitas belajar dan pembelajaran yang melibatkan guru da siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi Tahun 2019/2020 yang berjumlah 163 siswa. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan purposive sampling dan penetuan dua kelas sampel yang terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dilakukan secara random. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen (rata-rata 90,60) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (rata-rata 83,51), hasil uji t dengan taraf kepercayaan α = 0,05 di dapat harga thitung = 1,8416 sedangkan tTabel adalah 1,6766. Hal ini berarti thitung>tTabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN5 Bukittinggi.

Referensi

Gusmaweti, G. Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Bung Hatta. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 11, No. 1, pp. 789-794).

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27