PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 1 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA
Kata Kunci:
Modul Pembelajaran, IPA, Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung kurang terbentuknya motivasi belajar dan partisipasi dalam pembelajaran dapat disebabkan rendahnya karakter atau nilai moral pada diri siswa secara menyeluruh dan juga masalah keterbatasan bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket yang disediakan sekolah. Didalam buku tersebut terdapat kekurangan seperti materi yang sulit untuk dipahami siswa, tampilan yang kurang menarik perhatian siswa untuk mempelajarinya sehingga dibutuhkan pembaharuan terhadap bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi bernuansa pendidikan karakter untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) menggunakan 3 tahap dari 4-D models yang terdiri dari tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan), dan Develope (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Hasil pengembangan dikatagorikan valid dari aspek kelayakan isi 3,50 (sangat valid), komponen kebahasaan 3,43 (valid), komponen penyajian 3,30 (valid). Modul pembelajaran yang dihasilkan dikatagorikan sangat praktis oleh guru biologi dari aspek kemudahan penggunaan 87,50% (praktis), manfaat 93,75% (sangat praktis), daya tarik 83,33% (praktis) dan dari aspek waktu pembelajaran dengan kepraktisan 100% (sangat praktis). Dikatagorikan praktis oleh 26 siswa dari aspek kemudahan penggunaan 86,92 (praktis), manfaat 84,29 (praktis), daya tarik 85,74% (praktis), dan dari aspek efisiensi waktu dengan kepraktisan 89,42% (praktis). Dari penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi bernuansa pendidikan karakter pada materi sistem pernapasan kelas VIII SMPN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya dikategorikan valid dan praktis. Sehingga modul pendidikan karakter ini dapat digunakan untuk sekolah lainnyaReferensi
Sari, R. T. (2017). Uji Validasi Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Kontruktivisme Untuk Kelas IX SMP. Scientie Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22-26
Wiyono, H. (2012). Pendidikan Karakter dalam Bingkai Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah CIVIS, 2 (2):1
Sari, R. T., & Jusar, I. R. (2017). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran IPA Berorientasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Quantum Learning Di Sekolah Dasar. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 26-32
##submission.downloads##
Diterbitkan
2020-10-27
Terbitan
Bagian
Executive Summery