PERAN GURU PPKn UNTUK MEMPERSIAPKAN SISWA DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMP NEGERI 27 MERANGIN

Penulis

  • DANI DERMAWAN
  • Pebriyenni
  • Bambang Trisno

Kata Kunci:

Peran Guru PPKn, Revolusi Industri 4.0

Abstrak

Kemajuan teknologi ini diharapkan dapat memenuhi tuntutan abad 21, dimana pendidikan harus mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan peserta didik untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari (Dinni, 2018). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 28 Januari 2020 di SMP N 27 Merangin, masih ada mahasiswa yang belum paham seperti apa era revolusi industri 4.0 itu. Pada saat proses pembelajaran guru belum mengajarkan bagaimana mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0, yang dibutuhkan untuk menghadapi era revolusi 4.0 ini, agar siswa mampu bersaing dalam pembelajaran dan berfikir kritis untuk menyelesaikan suatu masalah. mereka hadapi. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif. Sugiyono, 2009: 9 mendefinisikan metode kualitatif adalah metode penelitian yang didasarkan pada filosofi postpositivisme, digunakan untuk mengkaji kondisi suatu objek yang alamiah, (sebagai lawan dari eksperimen) dimana peneliti adalah instrumen kunci, teknik pengumpulan datanya adalah dilakukan dengan triangulasi (gabungan), analisis dan bersifat induktif / kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna daripada generalisasi. Peran Guru PPKn dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 adalah mengembangkan 4 kompetensi siswa melalui pembelajaran berbasis HOTS. Empat kompetensi yang harus dimiliki siswa abad 21 ini dinamakan 4C, yaitu berpikir kritis dan pemecahan masalah (berpikir kritis dan pemecahan masalah), kreativitas (kreativitas), keterampilan komunikasi (kemampuan berkomunikasi), dan kemampuan bekerja secara kolaboratif (kemampuan untuk bekerja sama). Adapun persiapan yang dibutuhkan guru dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMP N 27 Merangin adalah: Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik / guru berkualitas yang disebut juga kompetensi abad 21. Keempat kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Peran Guru PPKn dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di SMP N 27 Merangin adalah mengembangkan 4 kompetensi siswa yaitu mengembangkan 4 kompetensi siswa yaitu 4C yaitu Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah (berpikir kritis dan memecahkan masalah), Kreativitas (kreativitas), Keterampilan komunikasi (kemampuan berkomunikasi), dan Kemampuan bekerja secara Kolaboratif (kemampuan bekerja sama).

Referensi

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif Dan R&D. bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitati Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Wahidmurni.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27