"Development of Student Worksheets Based on Higher Order Thinking Skills in Social Studies Learning for Class IV Elementary Schools”

Penulis

  • Hilda Khairani Universitas Bung Hatta
  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR Hilda Khairani1, Yulfia Nora1, Siska Angreni1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : ildakhairani@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis higher order thinking skills pada pembelajaran IPS untuk kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan materi Pahlawanku. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, Lembar Kerja Peserta Didik divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli media. Pada proses praktikalitas, Lembar Kerja Peserta Didik diujicobakan oleh 2 orang guru dan 6 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis higher order thinking skills pada pembelajaran IPS untuk kelas IV SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 93%, dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 95,2%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis higher order thinking skills pada pembelajaran IPS untuk kelas IV SD sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran. Kata kunci : LKPD, IPS, HOTS

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Ango, Benedikta. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi Untuk Kelas X Semester Gasal. dalam Skripsi. Sarjana Pendidikan Teknik. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Helmawati. 2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

Maulana. 2002. Peranan Lembar Kegiatan Siswa dalam Pembelajaran Aritmatika Sosial Berdasarkan Pendekatan Realistik. Seminar Nasional Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Hal 1-10.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05