"Development of Quartet Card Media in Mathematics for III grades of Elementary Schools"

Penulis

  • Resti Erita Rahmatika Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta
  • Daswarman Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR Resti Erita Rahmatikaˡ, Ira Rahmayuni Jusarˡ, Daswarman ˡ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : Restieritahyorin@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengembangkan media kartu kuartet dalam mata pelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall dalam Sugiono (2015:409) yaitu : (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Deasain Produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) Uji coba pemakaian. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator desain dan 2 orang dosen validator materi. Berdasarkan hasil penelitian, validasi desain media yang dilakukan dari aspek tampilan memperoleh persentase skor sebesar 90% dan dari aspek isi dan penyajian oleh validator 2 memperoleh skor persentase 91% dan validator 3 memperoleh persentase skor sebesar 87%. Dilihat rata-rata skor penilaian media kartu kuartet mata pelajaran matematika memperoleh secara keseluruhan yaitu rata-rata persentase skor sebesar 89% dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 12 orang siswa. Dari hasil prkatikalitas oleh guru memperoleh presentase sebesar 97% dengan kategori sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media kartu kuartet mata pelajaran matematika yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan dalam mata pelajaran matematika sehingga dapat digunakan dalam mata pelajaran matematika dikelas III sekolah dasar. Kata kunci : Pengembangan Media, Kartu Kuartet, Matematika

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Daswarman, D. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Problem Based Instruction (PBI). Jurnal CERDAS Proklamator, 2(1).

Daswarman, D. (2016). Implikasi Pendekatan Konstruktivisme dalam Pemecahan Masalah Matematika bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator, 4(1).

Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(1), 73-80. doi:10.24036/jep/vol4-iss1/435

Sari, Syafni Gustina. 2018. Pengembangan Modul Geometri Berbasis Budaya Daerah Pesisir Selatan. Dalam Pennelitian tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bung Hatta. Padang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05 — Diperbaharui pada 2020-11-23

Versi