“Development of Learning Module for Social Sciences Based on Scientific Approach for Class IV SD”

Penulis

  • Nilova Universitas Bung Hatta
  • M. Tamrin Universitas Bung Hatta
  • Ade Sri Madona Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC KELAS IV SD Nilovaˡ, M. Tamrinˡ, Ade Sri Madonaˡ ˡProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : Nilovasaja00@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific diperoleh hasil yaitu 89,75 dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 18 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentase hasil 92,5% dengan kategori sangat praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 93,75% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis pendekatan scientific yang dihasilkan valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPS sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPS dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Scientific, IPS

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Anitah, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta : Gava Media.

Dasopang, Muhammad Darwis. 2017. Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03 No. 2. e-ISSN: 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997.

Duwiri, Yuanita Inggrit dan Tiurlina Siregar. 2016. Pengembangan Modul Kimia Topik Sifat Larutan Asam Basa Kelas XI IPA dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Siswa di SMA Negeri 1 Teminabuan Kabupeten Sorong Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. Volume 4 Nomor: 1. ISSN: 2338-3402.

Erlinda, Yudie. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED. Vol. 3 (1) p-ISSN:2548-8856 | e-ISSN:2549-127X.

Fatikhah, Ismu dan Nurma Izzati. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quetient pada Pokok Bahasan Himpunan. EduMa Vol. 4 No. 2. ISSN 2086-3918.

Fatmawati, Linda dkk. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Konvensional dengan Pendekatan Saintifik pada Kompetensi Dasar Fungsi Manajemen Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 11 Nomor 2. ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175.

Gustina dan Yalvema Miaz. 2019. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Gejala Alam Melalui Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Metode Diskusi Kelompok di Kelas VI SD Negeri 54 Payakumbuh. Jurnal Basicedu Prodi PGSD FIP UPTT 2019. Vol 3 No 2 Tahun 2019 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147.

Kuswono. 2017. Pengembangan Modul Sejarah Pergerakan Indonesia Terintegrasi Nilai Karakter Religius. Jurnal Historia. Volume 5 Nomor 1. ISSN 2337-4713 (e-ISSN 2442-8728).

Lumbantobing, Marko Ayaki dkk. 2019. Pengembangan E-Modul Interaktif Untuk Discovery Learning pada Pembelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. Volume 4 Nomor 1. ISSN 2548-7590 (media online). ISSN 2598-392X (media cetak).

Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. MUALLIMUNA : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Volume 2, No 1. ISSN: 2476-9703.

Rohati dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Problem Based Learning dengan Manga Studio V05 dan Geogebra. Edumatica Volume. ISSN:2088-2157, Online ISSN:2580-0779.

Rosyad, Ali Miftakhu dan Darmiyati Zuchdi. 2018. Aktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah dalam Pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS. Volume 5, No 1. ISSN: 2356-1807 (print). ISSN: 2460-7916 (online).

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Penerbit Kencana.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina dan Andi Budimanjaya. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta : Kencana.

Sari, R. T. (2017). Uji validitas modul pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia melalui pendekatan kontruktivisme untuk siswa kelas IX SMP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS, Vol 6 No 1 Hlm 22-26.

Setiyadi, Muhammad Wahyu dkk. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkn Hasil Belajar Siswa. Journal of EST. Volume 3 Nomor 2. p-ISSN : 2460-1497 dan e-ISSN : 2477-3840.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009 Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya : Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05