“Science-Based Module Development on Theme 5 in Class V SDN 07 Koto Panai”

Penulis

  • Fuadi Nazib Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS SAINTIFIK PADA TEMA 5 PADA SISWA KELAS VSDN 07 KOTO PANAI Fuadi Nazib1, Wince Hendri1, Ira Rahmayuni Jusar1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail :fuadinazib22@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis Saintifik pada pembelajaran IPA untuk kelas V SDN 07 Koto Panai yang memenuhi kriteria valid dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yaitu define, design, develop.Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020.Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, modul pembelajaran divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli desain. Pada proses praktikalitas, modul pembelajaran diujicobakan oleh 3 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran berbasis Saintifik pada pembelajaran IPA untuk kelas V SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 94,3%, dan memenuhi kriteria praktis dengan persentase 88,1%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis Saintifik pada pembelajaran IPA untuk kelas V SD sangat valid dan praktis digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran. Kata kunci : modul, IPA, saintifik

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05