“Development Of Educative Based Social Studies Learning Modules In Grade IV SD”

Penulis

  • ANISA APRILIA LIFNA Universitas Bung Hatta
  • M. Tamrin Universitas Bung Hatta
  • Ade Sri Madona Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS DEDUKTIF PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR Anisa Aprilia Lifna1, M.Tamrin1, Ade Sri Madona1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : lifnaanisaaprilia@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Deduktif untuk kelas IV SD Tema 4 berbagai pekerjaan yang valid. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Modul pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji coba dan validasi modul pembelajaran IPS berbasis Deduktif untuk kelas IV SD Tema 4 berbagai pekerjaan yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah di desain divalidasi oleh tiga orang ahli. hasil penelitian diketahui bahwa modul pembelajaran IPS berbasis Deduktif untuk kelas IV SD Tema 4 berbagai pekerjaan ini berada pada kategori valid dengan persentase nilai 83,7% untuk kevalidan aspek kelayakan isi, komponen kebahasaan, dan komponen desain. Kata Kunci : Modul, Pembelajaran, Deduktif, Pengembangan

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Darmadi. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Grup penerbitan CV Budi Utama.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava media.

Hamdani (2011:164) dengan judul “strategi belajar mengajar” Bandung: Pustaka Setia

Hutama (2016) dengan judul “pengembangan bahan ajar IPS dengan pendekatan nilai budaya asing untuk siswa sekolah dasar” (skripsi) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Bung Hatta

Istarani dan Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedia Pendidikan, Medan: Media Persada.

Madona dan Nora (2016) dengan judul ”Pengembangan modul IPS berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas IV sekolah dasar”. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Bung Hatta.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Pribadi, A. Benny. 2009. Dengan pendekatan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri

Syafril, dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Padang: Sukabina Press

Syaiful Sagala (2010,76). Pendekatan deduktif. Bandung: MLC

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Meendesain Dengan pendekatan Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-undang No.20 Tahun 2003 Pasal 1 Pengertian Pendidikan.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05