“Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Saintifik dan Karakter Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Untuk Kelas V Sekolah Dasar.”

Penulis

  • LIDYA NOVITA Universitas Bung Hatta
  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta
  • Darwianis Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SAINTIFIK DAN KARAKTER PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR Lidya Novita¹, Yulfia Nora¹, Darwianis¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: lidyanovita1997oo.@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis saintifik dan karakter pada kelas V SD yang memenuhi kriteria yang valid dan praktis. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Kemudian dimodifikasi menjadi 3-D pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diuji cobakan oleh 1 orang guru dan 5 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul berbasis saintifik dan karakter pada kelas V SD dihasilkan Modul yang memenuhi kriteria Sangat Valid dengan persentase penilaian sebesar 93,75%, memenuhi kriteria Sangat Praktis dengan persentase 91,65%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis saintifik dan karakter pada kelas V SD sudah valid dan praktis sehinggan dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas V SD. Kata kunci: Modul IPS, Saintifik, Karakter

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05