“Social Studies Learning Module Development Based On Inquiry Methods For Class IV Elementary School Students”

Penulis

  • Muni Rosa Irene Manik Universitas Bung Hatta
  • Pebriyenni Universitas Bung Hatta
  • M. Tamrin Universitas Bung Hatta

Abstrak

ARTIKEL PENELITIAN PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH DASAR Muni Rosa Irene Manik¹, Pebriyenni¹, M.Tamrin¹ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: munirosaa98@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi karena masih minimnya ketersediaan buku yang ada di sekolah atau di perpustakaan, sehingga membuat siswa merasa kesulitan mendapatkan sumber belajar, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan bahan ajar yang digunakan hanya buku tema dan LKS. F-Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Menurut Trianto (2009:189) “Model penelitian pengembangan terdiri dari 4 tahap yaitu, define, design, develop, dan desseminate. Tetapi tahap pengembangan pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktiklitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Metode Inkuiri Untuk Siswa Kelas IV Pada Sekolah Dasar memenuhi kategori sangat valid dengan rata-rata validitas 94%. Modul yang telah dikembangkan dikriteriakan praktis oleh guru dengan persentase rata-rata kepraktisan 81,3%, dan dikriteriakan sangat praktis menurut siswa dengan persentase rata-rata kepraktisan 89,5%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis metode inkuiri untuk siswa kelas IV pada sekolah dasar memenuhi kriteria valid dan praktis, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci: Pengembangan Modul, IPS, Metode Inkuiri, Valid, Praktis.

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05