.“Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Kontruktivisme Pada Tema 6 Untuk Kelas IV SD”.

Penulis

  • SERLI ERLINA Universitas Bung Hatta
  • Erman Har Universitas Bung Hatta
  • M. Tamrin Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA TEMA 6 UNTUK KELAS IV SD 1 Serli Erlina , Dr.Erman Har, M.Si 2 , M.Tamrin,S.Ag.M.Pd 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : Serlierlina14@gmail.com Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada tema 6 untuk siswa kelas IV yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define,design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi,1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh 3,51 dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 3,2 dengan kategori valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 3,45 dengan kategori valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada tema 6 untuk siswa kelas IV yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,38 dengan kategori valid.Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 6 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 89,73 % dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 88,19 % dengann kriteria praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : Pengembangan Modul, IPA, Konstruktivisme

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05