Pengembangan Modul Pembelajaran PKn Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas V SD.

Penulis

  • Handri Kurnia Universitas Bung Hatta
  • M. Tamrin Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SD Handri Kurnia 1 , M. Tamrin 1 , Arlina Yuza 2 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : handrikurnia92@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas pengembangan modul pembelajaran PKn dengan pendekatan kontekstual pada materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat untuk siswa kelas V SD yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran PKn dengan pendekatan kontekstual ini dikembangkan dengan menggunakan three-D models. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang pakar kemudian akan diuji coba secara terbatas di kelas V SDN 44 Sungai Lareh Padang untuk mengetahui validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran PKn dengan pendekatan kontekstual pada materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata persentase kevalidan 79.44%. Maka disimpulkan modul pembelajaran PKn berbasis kontekstual dikategorikan valid untuk digunakan kelas V dalam pelaksanaan pembelajaran di SD. Kata Kunci : Modul PKn, berbasis kontekstual yang valid.

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05