PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII

Penulis

  • Intan Safitri Universitas Bung Hatta
  • Rita Desfitri Universitas Bung Hatta
  • Niniwati Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Lembar Kerja Peserta Didik, pendekatan saintifik

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan guru dalam membuat bahan ajar untuk membantu mengembangkan pemikiran dan minat peserta didik untuk belajar matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik matematika berbasis pendekatan saintifik pada kelas VIII materi pola bilangan.

Referensi

Erny, E., Haji, S., & Widada, W. 2017. Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Lestari, Lasmi. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan: Universitas Negeri Padang, e-ISSN 2579-860X.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pembelajaran.

Plomp, T & Nieveen, N. (2013) Educational Design Research. Part A. An Introduction. SLO. Netherlands Institute for Curriculum Development.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatof-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group .

Satriana, R., & Amelia, P. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 3 Rambatan. Abstract of Undergraduate, Faculty of Education, Bung Hatta University, 2(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-02