"Development of Cooperative-Based Learning Module type TGT in Class IV Natural Science Learning at SDN 08 Surau Gadang Padang"

Penulis

  • AGUNG Universitas Bung Hatta
  • Erman Har Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTPADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN08 SURAU GADANG PADANGAgung1.Erman Har1.Hidayati Azkiya1.1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar2Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Bung HattaE-mail: agungveb09@gmail.comABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD pada tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Developmentyaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 08 Surau Gadang Padang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Validasi dari tiga orang validator, diperoleh hasil dari aspek media atau desain sebesar 90% dengan kategori sangat valid, aspek materi 87% dengan kategori valid, dan aspek bahasa 92% dengan kategori sangat valid. Maka dapat disimpulkan modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis cooperative tipe teams games tournamentdengan materi macam-macam gaya yang dikembangkan telah valid, sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas IV SD.Kata kunci: ilmu pengetahuan alam, teams games tournament, modul, dan validitas.

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05