PENGEMBANGAN RPP DAN SKENARIO PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE HOLLYWOOD SQUARE REVIEW PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 25 PADANG

Penulis

  • Martina Mega Fitri Universitas Bung Hatta
  • Yusri Wahyuni Universitas Bung Hatta
  • Listy Vermana Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

pembelajaran aktif tipe Hollywood Square Review

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi dari kurangnya motivasi belajar, perhatian dan minat peserta didik saat belajar matematika sehingga menyebabkan banyak hasil belajar matematika peserta didik yang dikategorikan tidak tuntas. Hal ini dikarenakan guru masih menggunkan metode belajar yang berpusat pada guru dan belum menggunakan strategi pembelajaran aktif karena minimnya alokasi waktu yang tersedia. Selain itu guru juga belum mengembangkan langkah-langkah pembelajaran dalam bentuk skenario pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan produk berupa scenario pembelajaran active learning tipe Hollywood Square Review yang dapat menambah minat belajar peserta didik. Skenario pembelajaran merupakan suatu skenario yang berisi urutan detail hal – hal yang akan dilakukan oleh guru mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Sementara pembelajaran aktif tipe Hollywood Square Review adalah suatu aktivitas yang menyenangkan karena peserta didik dapat belajar sambil bermain, dengan ini pembelajaran matematika terasa tidak membosankan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Adapun Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini ada 6 tahap yaitu (1) mengidentifikasikan potensi masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) produk akhir. Penelitian ini hanya dilakukan sampai di tahap validasi oleh pakar dikarenakan panemi covid-19. Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa scenario pembelajaran active learning tipe Hollywood Square Review ini cukup valid dengan rata-rata kevalidan 77,84%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti berikutnya dapat melakukan uji praktikalitas langsung di sekolah dan mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik.

Referensi

Faridajaya. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Pernantah, P. S. 2019. Desain Skenario Pembelajaaran Aktif dengan Metode MIKIR Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education, 131, 2655-6278.

Mel Silberman. 2016. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: YAPPENDIS (Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Ilmu – ilmu Pendidikan Islam).

Amaliah, R. (2015) pengembangan media interaktif menggunakan macromedia direktor MX 2004 pada materi format teks halaman web di kelas X SMKN 4 Padang. Abstract of undergraduated, Faculty of Education, Bung Hatta University, 2(2)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-03