Development of a Science Learning Module Using a Scientific Approach to the 5 Ecosystem Theme for Class V Students of SD Negeri 05 Muara Kandis Pesisir Selatan

Penulis

  • Mutiara Putri Nengsi Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Wirnita Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 05 MUARA KANDIS PESISIR SELATAN Mutiara Putri Nengsiˡ, Wince Hendri ˡ, Wirnita Eskaˡ Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail :mutiaraputrinengsi98@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik pada kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan (4-D) yaitu define, design, dan develop.Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan Tema 5 Ekosistem.Instrumen penelitian meliputi lembar validasi.Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPA menggunakan pendekatan saintifik pada kelas V SD dihasilkan modul yang memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 84,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik pada kelas V SD sudah valid digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran IPA di kelas V SD (Sekolah Dasar). Kata kunci : Pengembangan Modul, Saintifik, IPA

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05