Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 08 Surau Gadang Kecamatan Nangggalo Padang
Abstrak
ENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS P E N D E K A T A N P R O B L E M B A S E D L E A R N I N G ( P B L ) UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG Novina Almaisaˡ, Gusmaweti , Syafni Gustina Sariˡ ˡProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : novinaalmaisa@gmail.com Abstrak 2 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas IV di SD Negeri 08 Surau Gadang yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) yaitu terdiri dari tahap define, design and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator bahasa dan 1 orang dosen validator desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 3,90, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 4,00 dan dari aspek desain memperoleh penilaian 3,54. Dengan demikian rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan PBL secara keseluruhan yaitu 3,81 dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis PBL yang dihasilkan sangat valid dapat digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan, Modul, Problem Based Learning, IPA##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
2020-11-05
Terbitan
Bagian
Executive Summery