" Development of a Mathematics Learning Module for Circular Material and Area of Flat Building Based on Mind Mapping Class IV Elementary Schools"

Penulis

  • INDAH PISKA SUHERMAN Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping pada materi keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas IV di SD Negeri 16 Pagambiran yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modifikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap validasi dikarenakan dalam keadaan pandemi covid 19 sehingga menghambat penelitian yang membuat tahap praktikalitas tidak terlaksana di SDN 16 Pagambiran dengan baik. Validator terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Instrumen penelitian yang digunakan lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari validasi bahasa memperoleh penilaian sebesar 100%, validasi desain memperoleh penilaian sebesar 88,2%, dan validasi materi memperoleh penilaian sebesar 93,7%. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping memperoleh penilaian sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis mind mapping yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika dikelas IV SD. Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, matematika

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05