“Development of IPA Learning Module Theme 6 My Ideals with A Genre Approach for Class IV Students SDN 06 Kampung Lapai”

Penulis

  • Reva Nanda Abdari Universitas Bung Hatta
  • Rona Taula Sari Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU DENGAN PENDEKATAN GENRE UNTUK SISWA KELAS IV SDN 06 KAMPUNG LAPAI Reva Nanda Abdari1, Rona Taula Sari2, Siska Angreni3 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : abdarirevananda@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA Tema 6 Cita-citaku untuk siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Modul pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru dan 30 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku dengan pendekatan genre untuk siswa kelas IV SD memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validitas 3,6. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan persentase rata-rata kepraktisan 96,75%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan persentase rata-rata kepraktisan 91%. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku dengan pendekatan genre memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata kunci : Modul IPA, Pendekatan Genre, Validitas, Praktikalitas.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05