. "The Influence of Think Pair Share Of Student Learning Result Of Class IV In SD N 24 Parupuk Tabing Padang ".

Penulis

  • WIDYA MEI FITRI Universitas Bung Hatta
  • Yusrizal Universitas Bung Hatta
  • Darwianis Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV Di SD N 24 PARUPUK TABING PADANG Widya Mei Fitri 1 2 , Yusrizal , Darwianis 1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : wmeifitri@gmail.com Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar PKn Siswa kelas IV di SD N 24 Parupuk Tabing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV, kelas IVA berjumlah 21 siswa dan kelas IVB berjumlah 26 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling.Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes.Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menemukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran think pair share memiliki ratarata tes akhir 81 sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata tes akhir 78. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 0,8025> ttabel = -2,0159 dengan taraf nyata 0,05. Berarti H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD N 24 Parupuk Tabing Padang. Kata Kunci :think pair share, hasil belajar, PKn

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Rusman. 2018. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada media.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Media. Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metodologi Penelitian Arma, Novrisa. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Di SD N 15 Sungai Geringging Padang Pariaman”. Skripsi. Padang : Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Bunghatta. Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Siregar,

Syofian. 2015. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Basnia, Rosi. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Media

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05