DevelopmentOfCross-TextMedia In ClassIV SocialStudies Learning Theme 7 The BeautifulOfMy Country Diversity”

Penulis

  • Riza Apri Novia Universitas Bung Hatta
  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU Riza Apri Novia¹, Yulfia Nora¹, Ira Rahmayuni Jusar¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:rizaaprinovia28@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media teka teki silang pada pembelajaran IPS kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitin ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, media divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas media diujicobakan pada 1 orang guru dan 10 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian media teka teki silang pada pembelajaran IPS kelas IV tema 7 indahnya keragaman negeriku yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 90,6% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase penilaian sebesar 95,6%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media teka teki silang pada pembelajaran IPS kelas IV tema 7 indahnya keragaman negeriku sudah valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPS di kelas IV SD (Sekolah Dasar) Kata kunci: Media, Teka teki Silang, Pembelajaran IPS

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05