Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Cooperative Script Untuk Siswa Kelas IV SD.
Abstrak
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS COOPERATIVE SCRIPT UNTUK SISWA KELAS IV SD Siti Ravi’ah¹, Pebriyenni¹, Yulfia Nora¹ ¹Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : sitiravi’ah@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPS berbasis Cooperative Script untuk siswa kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah Research and development (penelitian dan pengembangan). Modul pembelajran IPS Berbasis Cooperative Script ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3D. penelitian dilakukan pada semester ganjil pada tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validitas dan praktikalitas. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh tiga orang ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Setelah divalidasi modul diujicobakan. Berdasarkan analisis validitas modul dari tigas aspek validitas (aspek materi, bahasa dan desain) diproleh rata-ratanya sebesar 92,60%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,77%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siwa dengan rata-rata persentase keprakisan 91,99%. Bagi guru kelas IV SD, berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas yang telah dilakukan, modul pembelajaran IPS berbasis Cooperative Script pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku untuk kelas IV SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan materi Daerah Tempat Tinggalku. Kata kunci: Cooperative Script, valid dan praktisReferensi
REFERENCES
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470
Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.
Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.