Development Of Learning Media As Strengthening Reading Character And Stimulus Literation Through Mini Card Engklek Games (Engkami )Intelligent For Class III SD Students

Penulis

  • PUTRI AYU LESTARI Universitas Bung Hatta
  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER DAN STIMULUS LITERASI MEMBACA MELALUI PERMAINAN ENGKLEK KARTU MINI (ENGKAMI) CERDAS UNTUKSISWAKELAS III SD Putri Ayu Lestari1, Yulfia Nora1, Hidayati Azkiya1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: putriayulestari102@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran EngKaMi Cerdas pada kelas III SD N 11 Sipisang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (develop) dikarenakan pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 pada tema 8 “praja muda karana” subtema 3 “aku suka bertualang”. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Media pembelajaran EngKaMi Cerdas kelas III SD divalidasi oleh 7 orang pakar yang terdiri dari 3 orang dari dosen jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, satu orang dosen dari jurusan Pendidikan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (PTIK), satu orang dosen dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, satu orang dosen dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Pada proses praktikalitas, media diujicobakan oleh satu orang guru dan 10 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran EngKaMi Cerdas pada kelas III SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 95,4%, dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 94,6%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Engkami Cerdas sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk siswa kelas III SD. Kata kunci: pengembangan media, EngKaMi cerdas

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Lestari, Putri Ayu. 2020. " Development Of Learning Media As Strengthening Reading Character And Stimulus Literation Through Mini Card Engklek Games (Engkami) Intelligent For Class III SD Students ”Thesis in Elementary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Bung Hatta University.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. (2014). Mendesain Model Pengembanagn 4D. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05