"Development of Cross-puzzle Based Student Worksheets (LKPD) Using Cooperative Models in Science Learning Theme 9 Kayanya My Country for Grade IV Students of SD Negeri 16 Surau Gadang Padang”

Penulis

  • ANNISA SELDA AULIA Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS TEKA-TEKI SILANG MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG Annisa Selda Aulia1, Wince Hendri2, Syafni Gustina Sari1 〖^1〗Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 〖^2〗Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:annisaseldaaulia2@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran IPA berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini dibatasi menjadi model 3-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan Tema 9 Kayanya Negeriku. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru). Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKPD pembelajaran IPA berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD dihasilkan LKPD yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 91,3% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 97,1%. Dengan aspek validasi materi yang valid (86,7%), desain sangat valid (97,1%), dan aspek bahasa sangat valid (90%). Sedangkan aspek praktikalitas isi materi sangat praktis (100%), desain teknis sangat praktis (100%), penggunaan media sangat praktis (100%), komunikasi cukup praktis (100%), dan format kemasan sangat praktis (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pembelajaran IPA berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD sudah valid dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD (Sekolah Dasar). Kata kunci: LKPD, Teka-teki Silang, Pembelajaran IPA

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Azizah, Isnaini Nur. 2017. Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial dengan Model Pengembangan Thiagarajan. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 1. Nomor 2.

Elwi, Lara Cesilia. 2017. Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Jurnal Pillar of Physics Education. Volume 9, Hal 97-104.

Karmila, K. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6 (2). 102-112.

Oktavia, Aries. 2018. ”Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Untuk Materi Struktur Bunga dan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN Ngerombot Kabupaten Nganjuk “. Artikel Skripsi Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Realistic Mathematics Education Pada Pembelajaran Matematika Materi Volum dan Balok Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 55 Air Pacah. Skripsi Padang. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bung Hatta.

Sari, Kurnia Puspita. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis

Setywan. 2017. “Langkah-langkah dalam membuat teka-teki silang”. Jurnal Inspirasi Belajar Mengajar Era Digital (Online)”. Volume 2 Nomor 1. Hlm 2.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05