PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 27 PADANG

Penulis

  • Siska Rahmadani Universitas Bung Hatta
  • Fazri Zuzano Universitas Bung Hatta
  • Syukma Netti Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

: lembar kerja peserta didik, discovery learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) yaitu tahap validasi dan praktikalitas. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi dan lembar praktikalitas. LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli tampilan/media. Berdasarkan hasil validasi memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 86,11%. Sedangkan uji praktikalitas terhadap LKPD Berbasis Discovery Learning yang dilakukan oleh 5 orang siswa kelas VIII diluar lingkungan sekolah dikarenakan kondisi saat ini sedang pandemi COVID-19 memenuhi kriteria praktis dengan nilai kepraktisan sebesar 94,83% meliputi pada komponen kemudahan dalam penggunaan diperoleh rata-rata 95,02% sangat praktis, untuk komponen waktu yang diperlukan diperoleh rata-rata 90% sangat praktis, untuk komponen mudah diinterprestasikan diperoleh rata-rata 94,33% sangat praktis, dan untuk komponen memiliki ekivalen yang sama diperoleh rata-rata 100%.

Referensi

Lestari, Lasmi, dkk. 2018. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/ MA. Jurnal Eksata Pendidikan (JEP). Vol. (2). 170-177.

Noviafitri, Selly, Somakin, dan Yusuf Hartono. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Discovery Learning pada Pokok Bahasan Sudut Kelas VII. Jurnal Elemen Vol (2) No (2) : 179-192.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-05