"The Relationship between Study Interest and Class V Student Learning Outcomes in Social Studies Learning at SDN 55 Air Pacah Padang".

Penulis

  • DEVINA NITRI Universitas Bung Hatta
  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta
  • Ade Madona Universitas Bung Hatta

Abstrak

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 55 AIR PACAH PADANG Devina Nitri 1 , Yulfia Nora 1 , Adesrimadona 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail:devinapadang01@mail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi karena nilai hasil belajar IPS siswa kelas V masih dibawah KKM yaitu 70 dan minat belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara minat dengan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SD Negeri 55 Air Pacah Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 55 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Padang tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 45 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan rumus slovin, sehingga sampel 41 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Model Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (kuat) antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V dengan nilai pearson correlation sebesar 0,763. Hasil uji t diperoleh thitung = 7,372 > ttabel = = 0,05= 2.01954. Koefisien determinasi sebesar 58,22% yang artinya besarnya kontribusi minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 55 Air Pacah adalah sebesar 58,22%. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada siswa agar meningkatkan minatnya dalam belajar IPS dengan cara meningkatkan perasaan senang dalam belajar IPS, memperhatikan guru dan tertarik terhadap pelajaran IPS. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar IPS

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05