DevelopmentofMediaPuzzle-basedModuleinClassV Indonesian Language Learning SD Negeri16 Surau Gadang Padang

Penulis

  • ELLATRINITA Universitas Bung Hatta
  • Syofiani Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGANMODULBERBASISMEDIAPUZZLEPADA PEMBELAJARANBAHASAINDONESIAKELASVSD 16SURAUGADANGPADANG 1 1 EllaTrinita ,Syofiani ,HidayatiAzkiya 1 1 Program StudiPendidikanGuruSekolahDasar FakultasKeguruandanIlmuPendidikan UniversitasBungHatta e-mail:elatrita@gmail.com ABSTRAK PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmodulpembelajaranBahasaIndonesia berbasis media puzzle pada kelas V SD yang memenuhikriteria valid.Jenis penelitian iniadalah penelitian pengembangan.Modelpenelitian pengembangan yangdigunakanadalahmodelpengembangan3-Dyaitudefine,design,dandevelop. Penelitianinidilakukanpadasemestergenaptahunajaran2019/2020denganTema 6 Panas dan Perpindahannya.Instrumen penelitian yaitu lembarvalidasi.Pada prosesvalidasi,moduldivalidasioleh1orangahlimateri,1orangahlidesaindan1 orangahlibahasa.Berdasarkanhasilpenelitian,pengembanganmodulpembelajaran Bahasa Indonesia berbasis media puzzle pada kelas V SDN 16 Surau Gadang Padangdihasilkanpadaaspekmaterisebesar91,2% dengankriteriasangatvalid, aspekdesain85,5% kriteriavalid,aspekbahasa92,5% kriteriasangatvalid,dengan rata-rata persentase penilaian sebesar89,7% yang memenuhikriteria valid.Jadi, dapatdisimpulkan bahwa modulpembelajaran Bahasa Indonesia berbasisMedia PuzzlepadakelasV SD sudahvaliddigunakansebagaisalahsatu sumberdalam pembelajaranBahasaIndonesiadikelasVSD(SekolahDasar). Katakunci:modul,pembelajaranbahasaIndonesia,mediapuzzl

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar.Yogyakarta:GavaMedia.

Sagita, J. (2019). Pengembangan media pembelajaran puzzle berbasis Pendidikan karakter pada subtema 4 tema 2 kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Sagita.Vol. 01, no 3 hal 27.

Suyono & Haryanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto.(2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. BumiAksara.

Utami,S.S. (2019) “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Kepratokolan pada Siswa kelas XI APKI di SMK Negeri 10 Surabaya”.Jurnal Pendidikan Administrasi perkantoran. Volume 07 Nomor02.Hlm 6-13

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05