Development of Inquiry-Based Science Learning Module for Class IV SDN 06 Kampung Lapai Students".

Penulis

  • Fadila Arbi’ Alfinnatussyifak Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK SISWA KELAS IV SDN 06 KAMPUNG LAPAI Fadila Arbi’ Alfinnatussyifak¹, Wince Hendri¹, Syafni Gustina Sari¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : fadilaasyifa07@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk siswa kelas IV SDN 06 Kampung Lapai yang valid, jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop and disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Modul pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 validator 1 dosen validator materi, 1 dosen validator bahasa, dan 1 dosen validator desain. Berdasarkan pengembangan modul pembelajaran IPA berbassis inkuiri untuk siswa kelas IV SD, validitas modul yang dilakukan dari aspek materi memperoleh penilaian 91%, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 98%, dan dari aspek desain memperoleh penilaian 86%. dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri memperoleh secara keseluruhan yaitu 92% dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada materi sumber energi dan sumber energi alternatif memenuhi kriteria valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul IPA, Pendekatan inkuiri, pengembangan Modul

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05