“Development of Mind Mapping Based Indonesia Language Learning Module for Class II Students of SDN 16 Pagambiran Padangâ€
Abstrak
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS II SDN 16 PAGAMBIRAN PADANG 1, Nanda Friska 1, Wirnita Eska 1 Hidayati Azkiya . 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: nandafriska2610@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD pada tema 5 pengalamanku subtema 2 pengalamanku di sekolah yang valid. Teori yang digunakan adalah pendapat Muhammad Surya (Isjoni, 2009) tentang pembelajaran, pendapat Daryanto (2013) tentang modul, dan pendapat Silberman (Shoimin, 2016) tentang Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 16 Pagambiran Padang pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 16 Pagambiran Padang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan validasi produk sampai pada validator materi, bahasa, dan desain untuk mengetahui ke validan produk. Uji-coba produk tidak bisa terlaksanakan karena adanya pendemi COVID-19 sehingga tidak terlaksanakan ujicoba modul ke peserta didik dan guru. Kemudian validasi modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang dikembangkan dari dua orang validator memperoleh hasil yaitu, validator desain sebesar 85,2% dikategorikan valid, validator materi sebesar 95,3% dikategorikan sangat valid, dan validator bahasa sebesar 87,5% dikategorikan valid. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,5% dengan kategori sangat valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan modul yang dihasilkan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD. Kata kunci : pengembangan modul, mind mapping, bahasa indonesiaReferensi
REFERENCES
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: Kencana.