arahmi. 2020. "Development of Media Puzzle with Cooperative Learning Model Type STAD in Class IV Science Learning in Elementary Schoolsâ€.
Abstrak
ARTIKEL PENELITIAN PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Rahmi Oktarini¹, Wince Hendri , Darwianis¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: rahmiok01@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran puzzle dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD materi siklus mahkluk hidup untuk kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Media pembelajaran IPA ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap adalah 3-D yaitu (Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan hanya sampai validitas ke dosen dikarenakan kondisi pandemi covid 19. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi. Media pembelajaran puzzle pada pembelajaran IPA divalidasi oleh 2 orang dosen yang dibagi menjadi 1 orang dosen ahli media dan 1 orang ahli materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, validasi media dari aspek materi IPA memperoleh nilai 81% dengan kategori valid dan dari validasi tampilan mendapatkan nilai 85% dengan kategori valid. Dari kedua validasi tersebut didapatkan rata- rata 82,25% dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA model Kooperatif tipe STAD pada materi siklus makhluk hidup yang dihasilkan sudah valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Dengan adanya media ini diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan.. Kata kunci: media, model pembelajaran kooperatif, STAD, puzzleReferensi
REFERENCES
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470
Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Syaodih Sukma dinata, Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tim Prodi PGSD. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.
Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.