"Development of Student Worksheets Based On Discovery Learning On Mathematics Learning Materials Facet Of Many Fourth Grade Of Elementary Student.”

Penulis

  • Siti Aulia Rahmi Universitas Bung Hatta
  • Susi Herawati Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGI BANYAK KELAS IV SEKOLAH DASAR Siti Aulia Rahmiˡ , Susi Herawati², Arlina Yuzaˡ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, ²Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : sitiauliarahmi8@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini difokuskan kepada kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan, dan melalui permasalahan itu siswa dapat menemukan suatu konsep. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep matematika, sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berfikir siswa yaitu Lembar Kerja Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning pada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yaitu define, design, dan development . Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik, 1 orang ahli bahasa, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli isi. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning pada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD dihasilkan memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 83,75%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learningpada pembelajaran matematika untuk kelas IV SD valid digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, pembelajaran matematika, discovery learning

Referensi

REFERENCES

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Anggita, Yunia Vindi. 2019. “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Matematika Pengukurana Sudut berbasis Model Discovery Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar”.Jurnal Elementaria Edukasia.Vol 2. No 2. Hlm. 121-125.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-11-05